Wednesday, June 11, 2008

Rayap


Terinspirasi dari obrolan pagi hari yang "tercuri dengar" oleh gw di sebuah omprengan saat menuju kantor hari ini, gw pun mulai mencari tahu tentang serangga bernama "rayap". Mulailah gw googling (thanks to you, Om Google!)

Ternyata apa yang gw tahu tentang rayap, tidaklah banyak. Masih dangkal banget. Gw baca di sini dan menurut gw artikel itu benar-benar memberikan informasi yang cukup lengkap tentang rayap! Ibaratnya niy klo dulu si rayap ini jadi bahan praktikum "Dasar Perlindungan Tanaman" pas jaman gw kuliah, mungkin artikel ini bisa jadi salah satu bahan untuk bikin laporan :P

Rayap itu meskipun ukurannya yang mini, tapi kerusakan yang diakibatkan bener-bener parah. Terbukti dirumah salah satu Tante gw di daerah Bintaro. Berkali-kali ganti kayu rangka atap dalam jangka waktu yang ga seberapa lama, masih aja tu rayap bandel dan eksis bikin "remah-remah cokelat" mereka berjatuhan dari eternit. Cara pembasmian rayap pun ga bisa sembarangan, ternyata. Harus benar-benar tepat sasaran. Dan gw baru tau klo ternyata ada perusahaan pembasmi rayap --- Note: mereka berkutat seputar rayap dan bagaimana cara membasminya sepanjang hari, sepanjang tahun! Won't imagine that. Hehehehehe...

Duh... Duh... Duh...
Hal kecil ternyata bisa membuat dampak yang besar...
Termasuk bikin seorang Delia mau belajar lagi :D

Don't judge a book by its cover, Del ;)

4 comments:

purwa said...

Satu hal yang delia perlu tahu, perusahaan tempakku kerja sekarang mempunyai product Insektisida buat Rayap lho. ;)

btw, kok cuman yang punya account blogger aja yang isa comment? *mode.sedih.com*

Purwagilardhie
http://jendelahati.net

DeLiA said...

Klo sebuah perusahaan ngeluarin produk untuk membasmi Rayap, aku masih bisa membayangkannya, Kang... Berarti kan produknya ga cuma untuk Rayap aja. Masih ada serangga lain yang diurusin :P

Btw, Kang Dhie kerja dimana siy...?

Bisa juga qo, Kang, klo mo komen tapi ga punya account blogger... Pake OpenID ;)

purwa said...

pastinya ada sekitar 20 product free market *pertanian & perkebunan* dan 12 product untuk Specialty (pest controldan Lingkungan)untuk mengendalikan *bukan membasmi lho* :D

Kerja di salah satu perusahaan formulasi Pestisida. (HO = Jakarta dan Plant = Semarang)

purwagilardhie
http://jendelahati.net

DeLiA said...

membuat aku semakin merindukan masa-masa saat aku berkutat dengan hama dulu. nyebelin siy pas ngejalaninnya tp malah bikin kangen di saat-saat begini :(

sempet ada bab praktikum tersendiri soal pestisida. dan ngapalinnya mati-matian tuh biar ga kebolak balik jenisnya... hehehehe...

Kang Dhie ditempatin di HO or Plant...?