Monday, September 15, 2008

Ikhlas

A: Saya mau mengajukan pergantian transport, Mbak.
B: Berapa, Pak?
A: Seikhlasnya aja, Mbak (seraya menyerahkan selembar kuitansi kosong)
B: (mengeluarkan selembar uang seratusribuan) Ini, Pak.
A: Qo cuma segini, Mbak?
B: Kan Bapak bilang tadi seikhlasnya.. (dengan tampang polos)
A: Ya tapi kalau segini, saya ga mau, Mbak. Mending ga usah deh, Mbak! (marah sambil berlalu)
B: (terpana dengan tingkah A)

Kejadian di atas beberapa kali gw temuin di sekitar lingkungan gw. Tak jarang pula gw berada di posisi B. Dan kalau sudah ada di posisi B, harus bisa nahan emosi serendah-rendahnya biar ga terjadi keributan bak tawuran anak SMA :P Apalagi kalau berada di posisi B pas bulan Ramadhan! Kalau ga bisa nahan emosi dan kekesalan serendah-rendahnya, bisa-bisa pahala Puasa malah hilang..

Jadi bertanya, sebenernya ikhlas itu apa siy..? Sikap/perbuatan yang kayak gimana siy baru bisa dibilang "kita itu ikhlas"..?

Iseng-iseng googling, nemu situs ini. Tapi qo masih belum terjawab yah pertanyaan gw.. Akhirnya googling lagi.. Dan sampai di sini. Terus cari referensi lagi, sempet mampir di situs yang ini.

Nah.. Pertanyaan berlanjut ke sini: "Dari kita sebagai pihak yang memberi sudah ikhlas (anggaplah sudah.. karena ikhlas tidaknya kita kan hanya Allah yang tahu..), tetapi bagaimana bila orang yang kita beri malah memberikan reaksi ke arah tidak suka atau cenderung marah karena merasa tidak suka atau kurang dengan pemberian kita?"

Bagaimana menurut tetangga-tetangga gw tercintah..? Harus diapain siy orang-orang yang kayak A itu..? :D hihihihihihi..

Ssssttt.. Jangan protes kalo gw lagi bawel! :P hehehehe..
Gambar diambil dari sini..

20 comments:

artofreed said...

ikhlas itu adalah ikhlas.

Mr. KoEcheL said...

Udah jangan terlalu di pikirin. ikhlasin aja ya.hehehe

Setiaji said...

Memang serba salah ngadepin orang kayak gitu, batasan ihklasnya ternyata berbeda hehehe ... mending tanya aja sekalian berapa biayanya, kalo kemahalan, giliran kita yg bilang, "Saya Gak Ikhlas" :)

-Setiaji-
www.kodokijo.net

Fajar Indra said...

cuekin aja...

namanya juga orang ga berpendidikan, tul ga?

saya sering tuh ketemu orang kayak gitu (kebanyakan sopir angkot dan sebangsanya), dan saya termasuk orang yang ga mau ambil pusing soal itu. kalo dikasih hati, minta ampela. kalo dikasih tempa, dia marah-marah. so, solusinya apa coba?

paank Fachrezi said...

waaah, mbak delia mungkin harus nanya sama orang Departeman Agama, kan slogannya Iklhas Beramal

^_^

indo-trans said...

wah.. suse2 nyari di google, ente tinggl jalannn lurusss terus del, trz ada per3an belok kiri, nah ntuh nyang namanya MASJID AL-"IKHLAS..." yang ente cari...

DeLiA said...

@artofreed..
ikhlas deh!

@mr.koechel..
hmm.. susah buat ga mikirinnya.. brarti ga ikhlas yah, Mbah..? :D

@setiaji..
kan udah ditanya besaran biayanya, Mas.. tp jawabannya "seikhlasnya".. eh, giliran dikasih seikhlasnya malah dia ga ikhlas nerima :P

@fajar indra..
gw nanya, malah ditanya balik :D hihihihi..

@paank fachrezi..
emg slogannya itu..? klo slogan Departemen Keuangan apa, paank..? :P

@indo-trans..
lhaaa.. bukannya di situ MASJID AT TAQWA..??

Muhdi said...

Terus terang sampai detik ini saya setiap berdo'a s'lalu minta kepada NYA,agar menjadi orang yang Ikhlas/ orang yang s'lalu berserah diri kepada NYA.

meity said...

1. Memaafkan orang itu atau siapapun yang pernah membuat aku, kamu, kita kesal atau marah bahkan sakit hati.
2. Introspeksi diri sejujur-jujurnya, dan memaafkan diri sendiri atas setiap tutur kata, tingkah laku/perbuatan kita yang salah diwaktu lalu.
3. Memohon ampunan pada-Nya.
4. Kembalikan segalanya pada Dia Yang Satu.
5. Lepaskan, biarkan masalah itu benar-benar menjadi urusan-Nya.
6. mmm ... kurang lengkap kayaknya ... coba baca dan nonton The Secret dilanjutkan dengan membaca buku Quantum Ikhlas + secara konsisten dengerin CD Quantum Ikhlas.

Have a great day!

Bunda Rierie said...

susah kalo ngomongin ikhlas, kadang2 cuma dimulut tp hati ngedumel... so belajar ikhlas yang paling dulu adalh ikhlas menerima diri kita dulu. ( tumben bunda serius..)

dhie said...

Tuch.... dah di aksih tahu sama Neng Meity. Kalo mo belajar Ikhlas mah. :D

Kayaknya enak neh BUKBER di sore ini. hehehehe

Rogan said...

iklas kok gw klo loooo dah punya suamiii heheheheh



kaburrrrrrrrrrr

DeLiA said...

@muhdi..
amin! smoga bisa menjadi orang yang ikhlas lahir dan bathin..

@meity..
makasih, Mbak, atas masukannya.. akan Delia coba :)

@bunda rierie..
brarti Bunda jg harus ikhlas nerima Bunda yg serius :D hehehe..

@dhie..
BukBer pake Strawberry Cheesecake dan Iced Caramel Macchiato *drooling*.. YUMMY!!

@rogan..
Alhamdulillah.. Amin! :D

Shireishou said...

Itu namanya org munafik kk. Lain di mulut lain di hati

Kalau emank ga rela, mending ga usah bilang "seikhlasnya". mending tetapkan harga "Sekian ratus"

Org Indo banyakan gitu sih yah. Kebanyakan basa basi malah jd basi. Jrg yg straight to the point

Salam kenal

Bagus Pras said...

aku juga bingung untuk menjadi orang yang selalu ihklas...

: administrator said...

Bersabarlah zay....minum segelas air putih mungkin bisa meredakan, emosi kita he..he...he... atau memukulnya pake palu....ha..ha...h.a...aha... ni sih bukan namanya sabar tapi kelewat sabar.... "dibulang penuh berkah ini lebih baik merenungkan diri kepada Yang diatas" moga dapat pengampunan segalah hal yang telah diperbuat di dunia ini... karena manusia tidak luput dari kesalahan. ci..e.eee...e..h...lagaknya....hick...hick...hick....

BLOG INDONESIA said...

Kita sebagai pihak B pastilah serba salah, tapi gimana manusia emang manusia banyak sifat yang tidak bisa kta tebak, tidak ada persamaan. Apalagi sekarang Indonesia Penuh tikus-tikus liar yang bikin kehidupan Rakyat menderita. Memberantas tikus-tikus itu jg harus sabar karena racun hama belum bisa membuat tikus jera. Itulah Manusia.....

DeLiA said...

@shireishou..
iyah yah :)
salam kenal jg, Mbak..

@bagus pras..
jgn jd ikutan bingung dunk, Cah Bagus..

@:administrator..
amin.. amin..

@blog indonesia..
lg kena hama tikus..? :D

intermezo said...

Bicara tentang ikhlas jadi inget di satu film sinetron yang menjadikan ilmu ikhlas sebagai salah satu syarat untuk menyunting anak gadisnya... he3 film apa ya...

DeLiA said...

@intermezo..
film paan tuh..?? sinetron..?!?!
hahahaha..