Monday, October 12, 2009

Mengasah Otak yang Terlanjur Tumpul - Perjuangan Bakal CPNS (2)

Menindaklanjuti ini, gw tanggal 30 September 2009 kemarin sempat ikutan tes tulis dari salah satu Departemen Pemerintah. Dan dari pengumuman minggu lalu, gw ga lolos untuk ikutan psikotes dan wawancara. Sedikit kecewa siy.. Karena gw lebih berharap masuk ke Departemen itu daripada Departemen lain yang gw ikutin juga. Tapi selalu ingat bahwa terkadang Allah memberikan apa yang kita butuhkan, bukan apa yang kita inginkan.. Tul gitu gak..??

Dan bener aja.. Dibalik kekecewaan gw, ternyata Allah masih sayang sama gw. Gw dikasih kesempatan untuk ikutan tes tulis dari Departemen Pemerintah lainnya Sabtu mendatang (171009).

Nah.. Untuk mengantisipasi kegagalan yang kedua kalinya, gw perhatiin apa yang jadi bahan untuk tes tulis. Dan karena gw udah pernah ikutan tes tulis, jadi sedikit tau lah (belum tentu paham bener.. hihihihihi..) apa yang dimaksud dengan Tes Pengetahuan Umum, Tes Bakat Skolastik, dan Tes Substansi.

Siyalnya, diantara semua itu gw cuma sedikit (catet! SEDIKIT) unggul di Tes Bakat Skolastik. Sisanya, payah separah-parahnya!

Alasan gw kenapa bisa payah di Tes Pengetahuan Umum (yang mencakup Sejarah, Undang-Undang Dasar 1945 beserta Amandemennya, Pancasila, Pemerintahan, Ipoleksosbudhankam, dan Bahasa Indonesia) dan Tes Substansi (yang mencakup pengetahuan sesuai ilmu) adalah:

  1. Gw terakhir mendapatkan materi pelajaran Sejarah adalah saat gw SMA. Dan itu adalah jaman 12-10 tahun yang lalu (yeah.. I'm old!). But honestly, I used to be good at history.
  2. Terakhir gw benar-benar hafal tentang UUD 1945 adalah SMA. Waktu kuliah memang pernah ada mata kuliah Kewarganegaraan dan Pancasila, tapi gw lulus dengan terpaksa karena 80% kehadiran gw pun patut dipertanyakan di kelas-kelas itu. Kalau cuma sekedar Sila Pancasila, masih hafal lah (walaupun dengan sedikit susah payah.. hahahahaha..)
  3. Amandemen UUD 1945..?? Menurut gw DULU, UUD 1945 tidak seharusnya diamandemen. Jadi gw sama sekali ga tau apa yang diamandemenkan..
  4. Pemerintahan..? Well, I'm not a very good citizen. Gw selalu kebalik menjawab pengertian hak-hak DPR. Bahkan gw benar-benar ikutan Pemilu pun baru tahun ini.
  5. Ilmu-ilmu perkuliahan gw..?? Hampir tak ada yang membekas di otak! Secara kerjaan gw selama 5 tahun ini ga ada hubungannya sama sekali dengan latar belakang pendidikan kuliah gw.
Bisa dilihat kan bagaimana kegagalan gw bermula..? Otak gw membeku. Gw sudah tidak pernah berusaha mengingat lagi apa isi Perjanjian Renville, kapan VOC didirikan, dan lain-lain.

Alhasil, sejak seminggu lalu gw kembali belajar. Kembali mempelajari apa yang sudah pernah gw pelajari selama 16 tahun di bangku SD, SMP, SMA dan kuliah. Terutama tentang Sejarah dan Kebijakan Pemerintah.

Dan ternyata belajar kilat memang bikin otak panas..

5 comments:

lidya said...

kalo urusan CPNS aku nyerah hehehe. males apply2

bundarie said...

ha.ha..sama mbak del.. bunda tuch..nyoba ajaa.. baru pertama ini nyoba..saling mendoakan yaaaa..

DeLiA said...

@Bunda Lidya..
seru, Bun, pas ngurus2 Kartu Kuning dan SKCK.. ketemu banyak orang dengan berbagai penampilan.. blm lagi dijutekin sm Pak Polisi pas bikin SKCK :P

@Bunda Rie..
amin.. saling mendoakan, Bunda..

arumsekartaji said...

Wah repotnya jadi PNS Jeng Delia? sedikit dikit harus hapal Pancasila beserta segala penjabarannya. Lalu UUD 45 harus hapal pasal-pasalnya. Pokoknya setiap kali kenaikan tingkat kepangkatan Materi itu pasti keluar diujikan.
Malah pelajaran test interview sesuai dengan bidang yang hendak kita geluti. Saya sendiri dulu lulusan SMA Sastra Sosial tetapi begitu masuk Media Televisi Pemerintah malah soal-soal sejarah pertelevisian menyangkut masalah teknik produksi dan siaran malah diujikan.
Saya mendoakan semoga ujian tertulis tanggal 17 Oktober 09 ini mendatangkan keuntungan buat Anda agar lolos dan diterima mengabdi menjadi PNS sekali pun gajinya tidak segede Pengusaha Internet yang sukses di bisnis internet.

susan said...

nice posting..