Monday, October 19, 2009

Pengalaman Pertama (2)

Sabtu (171009) kemarin, gw ada tes tulis CPNS salah satu Departemen di daerah Jatinangor, Sumedang. Seumur-umur gw belum pernah sendirian ke Jatinangor! Bahkan gw ke Jatinangor pun baru sekali. Waktu itu dalam rangka mampir ke tempat kost adik salah satu sahabat gw yang masih kuliah di Jatinangor saat gw dan para sahabat liburan ke Bandung.

Nah, secara adik sahabat gw itu udah khatam wawasan tentang Jatinangor, akhirnya gw jadikan dia sebagai informan gw. Bagaimana cara ke sana. Penginapan bagus di sana apa aja. Awalnya gw mau menjadikan dia sebagai guide gw di Jatinangor, tapi berhubung udah lulus kuliah jadi cuma bisa jadi informan aja deh..

Seminggu sebelum keberangkatan (saat gw tau pertama kali via web kalau gw lolos untuk ikutan tes tulis), gw udah telpon travel rekomendasi dan booking seat. Kendala terjadi saat gw mencari penginapan. Beberapa hotel yang direkomendasikan oleh si adik sahabat, fully booked! Ada 1 hotel yang direkomendasiin, tapi tu hotel ga bisa di-booking. Dan rate hotel itu pun naik 2 (dua) kali lipat. Sarap!

Akhirnya coba googling tentang penginapan di Jatinangor. Dan ada satu tempat yang belum gw telpon. Harganya pun masih di bawah harga hotel. Gw coba telpon dan masih dapat tempat. Dengan nekat gw booking tempat itu tanpa minta rekomendasi dari si adik sahabat. Karena berdasarkan pembicaraan lewat telpon, fasilitas yang didapat pun ga kalah sama fasilitas hotel walaupun lokasinya ada di dalam kampus salah satu universitas negeri.

Gw berangkat sehari sebelum hari H tes. Berangkat pagi naik travel dari SCBD Sudirman, jam 09.30 sudah sampai di Dipati Ukur, Bandung. Sempet beberapa kali tanya orang-orang di sekitar situ tentang bis ke Jatinangor, dan Alhamdulillah gw ga nyasar.. hehehehe..

Baru sampai Bandung, matahari pagi sudah sangat menyengat. Tambah menyengat saat gw sampai di Jatinangor sekitar jam 12 siang. Kesalahan gw adalah gw pakai kaos hitam! Beuh.. Semakin kelam aja niy kulit rasanya..

Saat sampai di Jatinangor, gw langsung check in. Kebetulan yang terima Ibu Asrama-nya langsung. Dan bener lho.. Dengan harga di bawah hotel (walaupun ga murah banget-banget juga siy..), gw dapet fasilitas yang bagus. Recommended deh buat yang mau nginep di Bale 3 Padjajaran (yang ada di Asrama Fakultas Kedokteran Unpad)!

Setelah makan dan istirahat, gw memutuskan untuk ngecek ruangan tes. Awalnya males karena matahari yang ga bersahabat. Tapi daripada gw besoknya grasa grusu, berangkatlah gw naik ojek ke tempat tes. Sampai di tempat tes, sudah ramai orang-orang dari segala bentuk rupa. Mulai yang cari tempat tes, tukang jual papan jalan, sampai tukang ojek yang nawarin penginapan! Fiuuuuuuh..

Saat gw memasuki gerbang utama, kebetulan ada kawan senasib sepenanggungan yang sama-sama berangkat ke Jatinangor sendirian. Akhirnya gw berdua dengan dia pun sama-sama cari ruangan tes. Setelah dapat ruangan tes gw, kita ke ruangan tes dia. Cukup menyenangkan bisa dapat kenalan di saat-saat seperti itu.

Oia.. Tau ga siiiiiiiiiiiiiiiiy.. Pada hari H tes, para peserta tes tulis diwajibkan memakai baju atasan putih dan bawahan hitam! Belum lagi ditambah adanya jadwal apel pagi jam 7 sebelum tes tulis.. OMG! It's been years..

FYI aja yah.. Matahari Jatinangor itu jam 06.30 aja udah bener-bener garang walaupun angin semilir yang berhembus itu masih kerasa dingin di kulit. Kejemur bener-bener deh..

Ada satu BIG NO yang gw lakuin pas hari H tes. Gw naik ojek tanpa jaket jam 6 pagi dari tempat gw nginep ke lokasi tes. And I was freeziiiiiiiiiiiiiiiing!! Gila dingin banget.. Mendekati dinginnya waktu gw ospek jam 4 pagi di Malang..

Alhasil gw kelabakan cari toilet. Dan sialnya, toilet tempat tes pun ga ada air! Great..

Pelajaran berharga banget deh buat jadi CPNS..

No comments: