Monday, October 26, 2009

PLN = Padam Listrik Nih!

Ini surat keluhan yang gw kirimkan melalui Surat Pembaca kompas.com. Mudah-mudahan bisa masuk dan cepat mendapatkan tanggapan..


"Senin, 26 Oktober 2009 sekitar pukul 01.00 dini hari tiba-tiba saja listrik di rumah saya padam. Setelah saya cek, ternyata tidak ada penurunan daya listrik (jeglek). Di sekitar rumah saya, beberapa rumah lain pun gelap. Berarti memang pemadaman terjadi bukan dari pemakaian listrik berlebihan dari rumah saya saja.

Yang membuat saya heran, ada beberapa rumah di sekitar rumah saya yang lampunya tidak padam. Berarti hanya sebagian kompleks saja yang padam.

Saat menanyakan hal ini ke bagian Pengaduan PLN (123), petugas mengatakan bahwa untuk layanan pengaduan daerah Bekasi tidak dapat di-cover oleh 123. Saya harus menghubungi nomor telpon PLN Bekasi. Saya diberikan 2 nomor telepon: 89999123 dan 8841670. Saat saya hubungi kedua nomor tersebut, tidak ada yang mengangkat. Saya coba lebih dari dari 10 kali, tetapi tetap tidak ada yang mengangkat.

Kemudian saya hubungi kembali 123, dan kembali diberikan 1 nomor lainnya: 8812222. Saat saya telpon, memang berdering. Saya diminta untuk menekan angka 4 untuk pengaduan pelanggan. Saat saya menekan angka 4, mesin penjawab otomatis yang berbicara, "Maaf, extension yang Anda tuju sedang sibuk. Tekan bintang (*) untuk menunggu atau silahkan tekan nomor extension yang lain" Saat saya tekan tanda bintang (*), saya diminta untuk menunggu sebentar. Ternyata tetap mesin penjawab otomatis yang mengatakan bahwa extension yang saya tuju sedang sibuk. Saya coba untuk terus menunggu selama 15 menit dan hasilnya tetap sama: Extension sedang sibuk.

Kembali saya hubungi 123 untuk menanyakan apakah pelayanan pengaduan pelanggan PLN untuk wilayah Bekasi itu 24 jam atau tidak. Petugas menjawab bahwa memang 24 jam. Tetapi buktinya tidak ada satu pun petugas yang mengangkat di nomor itu bila memang 24 jam. Lalu petugas 123 memberikan saya nomor lain untuk PLN Bekasi Kota: 8801037. Dan hasilnya sama saja!

Selama 1 jam saya mencoba menghubungi PLN Bekasi tetapi tidak ada hasilnya. Di tengah-tengah kekesalan saya, listrik pun menyala jam 02.00 dini hari. Tetapi hanya bertahan selama 30 menit dan mati lagi. Hingga pagi ini.

Karena di rumah menggunakan pompa air (yang tidak bisa menyala bila tidak ada listrik), alhasil saya sekeluarga pun meninggalkan rumah sesegera mungkin ke tempat aktivitas untuk dapat mandi di tempat aktivitas! Akhirnya saya pergi meninggalkan rumah dalam keadaan masih padam listrik. Bahkan sampai pukul 06.00 pagi ini, saya tetap tidak berhasil menghubungi PLN Bekasi.

Setidaknya ada penjelasan kenapa bisa hanya sebagian kompleks yang mati listrik, sedangkan yang lainnya tetap menyala. Kalau memang ada gangguan, dimana letak gangguannya itu. Dan apabila memang tidak menyediakan pelayanan pengaduan pelanggan 24 jam di Bekasi, lebih baik PLN menyediakan 1 nomor telpon 24 jam untuk pelayanan pengaduan pelanggan seluruh Indonesia."


Telling you the truth, gw sangat kecewa dengan pelayanan publik di Indonesia yang ga pernah ada peningkatan berarti dari hari ke hari. Bahkan untuk menerima pengaduan pelanggan melalui telepon pun sudah enggan. Maunya terus mendapatkan keuntungan dari pelanggan, tetapi tidak mau meningkatkan pelayanan untuk memuaskan pelanggan..

11 comments:

Fanda said...

Kok aneh ya, kenapa ga bisa tercover di 123? Kan semua rumah yg ada listriknya berarti konsumen PLN?

Hai...sori juga aku dah lama ga kesini. Hrs curi2 waktu buat BW nih!

rental mobil said...

surabaya gak padam tuh :D

lidya said...

waktu hari jumat rumahku juga mati listrik tanpa ada pemberitahuan, aku telp 123 masa gak nyambung2, minta nomor pengaduan PLN ke 108 tetep aja gak tersambung

hendrie k_bejo said...

Hi,
I like your article and all the great tips that are mentioned on it, it has really helped out. Thanks for share the information.
I hope you can visit my blog and give me suggestion.
Thanks again.

DeLiA said...

@Fanda:
dibilangnya karena beda area pelayanan..

@rental mobil:
yeah, rite! tetangga gw seberangan jalan di samping juga ga mati lampu..

@lidya:
tuh kaaaaaaaaaaaan.. PLN Bekasi emg lagi ngaco, Bun!

@hendrie k_bejo:
you're welcome..

budiawanhutasoit said...

terbukti kan del, kalo PLN belum ada perubahan..entah kapan mereka akan berubah..
no tlp 123 mah udah diset spt itu..sampe pingsan juga ga bakalan dapat jawaban memuaskan..

http://budiawan-hutasoit.blogspot.com/feeds/posts/default?alt=rss

DeLiA said...

@Bang Budi:
kita liat aja, Bang, program 100 hari para pembantu Presiden itu.. kalau masih begini-begini aja, mending pecat!

sewa mobil said...

kok lampu mati terus nih

Anonymous said...

Pinggir rawa bekasi jaya mati lampu truz . Klo udh mti lmpu bisa sharian.....
Anehx perumhan g mati......
Ko bisa gtu y.....

Anonymous said...

Jl mekarsari rt 03 rw 03 kel bekasi jaya kec bekasi timur tiap hbis mghrib selalu mati lampu....
Pln di hubungi n' didatangi jg g ada respon.....
putus asa jdx....
Pdhal mbyar g pnah telat....

Jadwal KRL September 2015 said...

semoga ke depannya PLN tidak sering padam lagi yaa