Tuesday, August 12, 2008

Etika di dalam Bis Kota

Ini yang harus diperhatikan saat elo jadi penumpang bis kota:

1. Lihat Keadaan Sekeliling
Ada elo. Ada supirnya. Ada kernetnya. Ada penumpang di sebelah loe. Ada penumpang lainnya. Jadi, elo ga sendiri. Elo harus tanggap dengan sekitar loe. Apakah ada Ibu Hamil yang sedang berdiri di dekat loe? Apakah ada Ibu/Bapak lanjut usia di tengah-tengah penumpang yang lagi berdiri? Apakah ada copet yang lagi ngincer tas/dompet/HP loe? Oia.. Ga ada salahnya juga kan untuk sekedar tersenyum dengan orang yang sedang bertatapan mata dengan elo..? Senyum itu ibadah lho! Dan ga ada salahnya juga untuk mengucapkan terimakasih ke kernet or supir bisnya..

2. Injak Sana, Injak Sini
Saat bis penuh, terkadang kita tidak pernah memperhatikan hal ini. Suka seenaknya aja main injak kaki orang lain saat mau turun. Alasannya: buru-buru. Pernah memikirkan apakah kaki itu sedang sakit atau tidak? Atau kaki itu sedang nyeri karena habis berlari-lari seharian dengan high heels? Apalagi kalau menginjaknya dengan sepatu yang keras. Sedangkan kaki yang diinjak hanya mengenakan sandal jepit.

3. Volume Tidak Harus Kencang
Entah saat elo sedang bicara via telpon seluler loe, ataupun bicara dengan kawan sebelah loe. Karena elo bukan pedagang yang menjual barang dagangan loe. Karena elo bukan pemusik jalanan yang sedang menjual suara loe. Dan karena elo bukan kernet yang menyuruh penumpang merapat masuk ke dalam. Suara ketawa pun ga perlu sampai terkikik-kikik kencang atapun mengakak keras. Kecuali kalo elo mau membagi lelucon atau cerita loe dengan penumpang 1 bis! Oia.. Volume iPod, CD Player, MP3, ataupun radio yang sedang loe dengarkan dengan earphone juga ga perlu sampe kedengaran sama tetangga loe. Kasian kuping loe! Lagian klo sampe kedengaran orang lain, apa gunanya loe pake earphone?

4. Ini Kendaraan Umum, Bukan Kendaraan Pribadi
Terkadang orang suka lupa tempat kalau mengeluh. Kalau ingin AC dingin, dapat tempat duduk lega, dan tidak berdesak-desakan, jangan naik bis kota! Mending pilih naik taksi atau bawa kendaraan pribadi deh..

Kendaraan umum milik semua orang. Jadi, sopan santun harus dijaga. Elo enak, gw juga enak! ;)

Terinsiprasi dari bis patas AC.05 (Bekasi - Blok M)

No comments: