Monday, March 9, 2009

Jogja Story - Part 1

Day 1 - Friday, March 6

I had 18.20 flight with Garuda Indonesia. And I went to the airport 15.25 with Airport Bus (Damri) from Blok M. I was got stuck at Jl. Sisingamangaraja for almost 45 minutes. And the first day of Java Jazz Festival was totally become the cause of the traffic jam!

Gw sampe di Bandara Adi Sutjipto, Jogja sekitar jam 19.30-an. Dan untuk malam pertama di Jogja, gw nginep di rumah Om gw di daerah Sleman (sekitaran Hotel Hyatt situ lah..)


Day 2 - Saturday, March 7

Jadwal hari ini adalah "menggila" bersama sepupu-sepupu gw yang sudah lebih dulu ada di Jogja. Gw dijemput sepupu-sepupu gw sekitar jam 09.00.

Tujuan pertama adalah Museum Ullen Sentalu, yaitu Museum Seni dan Budaya Jawa yang terletak di daerah Kaliurang. Dengan tiket seharga Rp 25.000,00 per orang, kita akan diajak tur keliling museum oleh guide selama kurang lebih 50 menit (harga itu udah termasuk bimbingan 1 orang guide per 1 rombongan). Dan tur keliling museum ini punya jadwal. Jadi ga bisa sembarangan main masuk seenak udel loe seperti museum kebanyakan. Jadwalnya itu adalah menunggu sampai rombongan sebelum kita selesai tur, jadi setiap 50 menit sekali. Dan 1 rombongan itu ga tentu jumlah pesertanya, tergantung dengan jumlah orang yang mengantri di saat menunggu giliran masuk ke museum.. Rombongan gw terdiri dari 14 orang, 7 orang keluarga gw dan 7 orang lainnya keluarga muda dari Lampung.

Oia, aturan wajib di museum ini ada 2, yaitu tidak boleh mengambil foto selama berada di ruang koleksi museum dan tidak boleh membawa tas backpack (klo loe bawa, harus dititipin di luar). Tapi saat loe udah selesai tur, loe boleh foto-foto sambil menikmati minuman jahe dan belanja di toko suvenir yang ada di sebelum pintu keluar museum.

Pertama kali memasuki gerbang untuk ikutan tur, emang agak singup karena banyak pohon-pohon besar dan banyak bertebaran bunga-bunga mawar dan melati sebagai pengharum. Dan ternyata ruang koleksinya itu ada banyak banget. Antara ruang koleksi 1 dengan yang lainnya itu harus naik turun tangga, keluar masuk pintu, dan muter-muter kayak di labirin. Bahkan ruang koleksi pertama yang dikunjungi itu ada di bawah tanah.

Buat yang mau merencanakan liburan ke Jogja, jangan lupa jadikan Ullen Sentalu sebagai salah satu tempat tujuan wisata. Bagus banget! Dan kalau loe udah pernah dateng ke situ, loe pasti akan tau jawaban kenapa ga boleh foto-foto di dalam ruang koleksi.

Selesai dari Museum, tujuan kedua adalah Toko Mirota Batik yang ada di Kaliurang. Apalagi kalau bukan belanja batik dan kebaya di sini.

Aktivitas belanja hanya bisa dihentikan oleh kelaparan. Dari hunting batik, langsung deh ke Rumah Makan Jejamuran di Sleman. Dan buat yang ga suka jamur, jangan pernah sekali-kali nyobain rumah makan ini.

Karena menunya cuma ada jamur, jamur, dan jamur! Mulai dari jamur kancing, jamur shitake, jamur kuping, sampe jamur merang. Soalnya Bude gw yang ikutan ke sini, langsung mabuk jamur karena ternyata si Bude ga terlalu suka jamur.

Setelah isi "bensin" makan siang, langsung ke
tujuan keempat. Malioboro.

Ga lengkap rasanya kalau ke Jogja tanpa ke Malioboro. Hambar! Apalagi kalau ga mampir ke Pasar Beringharjo, a place where you can find anything.

Dikarenakan sudah hampir maghrib dan sudah banjir keringat, diputuskan untuk kembali ke penginapan. Gw hari kedua ini sudah mulai mengikuti kegiatan sepupu-sepupu gw termasuk nginep bareng di daerah Timoho (deket DPRD Jogja).

Eh, ternyata kegiatannya ga berhenti di situ ajah.. Masih ada acara lanjutan. Belanja lagi di Malioboro dan makan malam di lesehan persis di depan Pasar Beringharjo. Tapi belanjanya kali ini fokus di Toko Mirota Batik Malioboro.

Selesai belanja (lagi) dan makan malam, masih diterusin dengan ngemil malam di angkringan Pakualaman. Entah kenapa gw lebih suka angkringan di sini daripada di daerah Tugu. Mungkin karena suasananya lebih sepi, dan pengunjungnya sedikit ABG.

Jam sudah menunjukkan pukul 23.00 saat Om gw memutuskan waktunya istirahat. Karena di hari Minggu ada 1 acara pernikahan yang harus dihadiri.

Fiuh! Bener-bener non-stop jalan-jalan dan makan-makannya di hari kedua ini


Day 3 - Sunday, March 8

Hari ini lebih fokus di acara pernikahan salah satu keponakan Om gw - yang berarti adalah sepupu jauh gw. Mulai ngikutin acara dari pagi hingga siang hari di daerah Bantul.

Saat sudah tak tahan dengan udara panas Jogja yang tiba-tiba hujan, langsung diputuskan untuk kembali ke penginapan di Timoho. Mungkin karena efek hari Sabtu yang jalan seharian non-stop, jadinya badan udah teriak minta istirahat. Alhasil selama siang hingga sore hari, gw tepar di kamar hotel.

Setelah cukup istirahat siang, Tante gw ngajakin makan bakmi jawa. Kebetulan saat itu ada adiknya (Alm.) Eyang Putri gw yang bisa diajakin nunjukin tempat salah satu bakmi jawa enak di Jogja. Dipilihlah Bakmi Jawa Kadin di Jl. Bintaran Kulon. Dan ternyata, bakmi jawa-nya beneran enak!!

Dari Bintaran ke Prawirodirjan, rumah adiknya Eyang gw, buat ambil pesenan bakpia. Bagi gw, bakpia made in Prawirodirjan ini adalah yang paling enak se-Jogja. Ga peduli nomornya.. huehehehe..

Nah, selesai ambil bakpia, gw memisahkan diri dari rombongan sepupu-sepupu gw. Gw janjian ketemu sama partner in crime gw waktu kuliah, salah satu sahabat laki-laki gw yang awet dari jaman semester 3 sampe sekarang.

Karena udah lama ga ketemu, sampe keasyikan ngobrol ngalur-ngidul ga keruan. Bahkan sempet nyasar di jalanan Jogja yang sama sekali ga gw hafal! Yang ada ya udah muter-muter Jogja sampe hampir tengah malem..

So glad to see you again, Mi.


Day 4 - Monday, March 9

Hari terakhir di Jogja. Dapet flight Mandala jam 07.45. Gw kira sempat sarapan di sekitaran Bandara Adi Sutjipto, tapi berhubung sampai di 06.45 dengan barang bawaan yang bejibun dan beraaaaaaaaaaaaaat minta ampun akhirnya diputuskan tidak jadi sarapan.

Udah mana proses check-in rombongan gw bikin kehebohan karena saking banyaknya barang.. hihihihihi..

Dan ternyata pesawat sudah boarding 07.15 dan take off 07.30. Lebih cepat dari jadwal semula..

Liburan yang sangat menyenangkan.. Nantikan foto-foto liburan gw di posting-an selanjutnya yah..

10 comments:

Anonymous said...

bwakakaka asyik dunk mbak liburannya.kayanya puas banget liburan ke jogja yap hehehe.jogja emang bikin seepppp hehehehe

Nuga said...

sip deh..wolking..wolking terus ya.

Anonymous said...

lgsg posting jogja euy :)hehhehehe

RiP666 said...

wooooohhh...

kayaknya asikk bgt tuh menggilanya hihihi

Anonymous said...

asiik ya bisa liburan..gak kayak yang disini...susah banget..huehuehue

minta oleh-olehnya dung..patung selamat datang keraton hehehe*_*

Unknown said...

ayo.. ayo.. ayo..
pada ikutan yuuuuuuuuk lain kali klo aq menggila bersama para keluarga ;)
tapi bayar sendiri-sendiri yah! :D
hehehehe..

Anonymous said...

oleh-olehnya manaaaaaaaaaaaa ?????

Anonymous said...

Kok oleh-oleh yang di kirimnya ampe sekarang belum nyampe juga ya? *jangan-jangan salah ngirim dech*

Anonymous said...

Del, oleh2nya blom nyampe...

-delia- said...

oleh2nya tinggal foto ajah :D
bakpianya ludes! huehehehe..
maaf yaaaaaaaaaaah ^_^