Sunday, April 12, 2009

The Election Day

We, Indonesian, had our election day last Thursday, April 9, 2009. That day became our National Holiday. So we had a very long weekend this time.. Yippiiiiii..!!

Indonesian Election is held two times. Last Thursday we had the first election, which was for Parliament. We must chose our representative in Parliament from 42 parties! Yeah, rite.. 42 parties.. What a bunch! Then the second one will be held on July 2009 for President.

Sebenernya gw bukanlah orang yang sadar politik. Dan gw juga bukan kader suatu partai tertentu. Semua hal yang berbau politik sebisa mungkin selalu gw hindarin. Bahkan untuk pemilu tahun 2004 lalu, gw golput! Dateng siy ke TPS, tapi waktu itu sebisa mungkin gw bikin hasil di kertas gw adalah TIDAK SAH (Well, kecuali untuk pemilihan Presiden. Tapi maaf, gw bukan pemilih Presiden yang mau habis masa jabatannya ini..)

Untuk pemilu kedua yang gw ikutin ini (FYI, pemilu tahun 2000 gw tidak memilih karena saat itu umur gw masih 16,5 tahun.. Belum saatnya masuk DPT dan gw belum mau menuakan umur gw demi bisa ikutan pemilu.. hehehe..), gw menetapkan diri gw sebagai SWINGING VOTER. Alias orang yang gampang banget untuk diajak memilih partai/caleg tertentu.
Gw memutuskan untuk tidak golput, tapi gw tidak memilih partai besar. Gw lebih memilih untuk "dijanjikan palsu" oleh partai-partai kecil yang ada ataupun oleh caleg-caleg yang terbilang baru di kancah perpolitikan. Karena gw tahu semua politikus itu cuma manis di bibir, tapi pahit direalisasinya..

Biarpun gw swinging voter, tapi gw punya kriteria sendiri buat caleg/partai pilihan gw:
1. Bukan partai besar.
2. Apalagi partai yang memegang pemerintahan sekarang.
3. Bukan kalangan artis/selebritis.
4. Bukan dari partai yang bikin Jakarta super macet pas lagi kampanye.
5. Bukan yang suka gembar-gembor berkampanye lewat Facebook.
6. Bukan yang paling banyak bikin kotor kota gw dengan spanduk/baliho.
7. Bukan partai yang mengusung tema agama tertentu.


Pasti pusing deh dengan banyaknya kriteria dari gw. Yang penting, gw sudah menyumbangkan suara gw untuk Indonesia yang lebih baik lagi.. Karena gw yakin, negara yang baik bukan ditentukan oleh 7 kriteria di atas.

Inilah hasil narsisme Pemilu 2009 yang lalu di tempat gw..


Undangan Pemilu & KTP gw :P

TPS 127 - Tempat Gw Menyontreng

Panitia Pemilihan Umum dari TPS 127
Kelurahan Kayuringin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan
Tumpukan-Tumpukan Kertas Pemilu
Bilik Pemilihan Umum yang Kueciiiiiiiiil Banget!
Tidak Proporsional dengan Kertasnya yang Segede GABAN hahahaha..

Kotak-Kotak Tempat Kertas Pemilihan yang Sudah Dicontreng Dimasukkan

Tanda Sudah Menyontreng.. Tidak GOLPUT!

4 comments:

Yohan Salman said...

wah keren ada dokumentasinya ..he..he..

Picas said...

Sayang Banget aq g dokumentasiin..Hikz..Padahal bagus banget tu moment

Lala said...

Wah kriterianya banyak amir...
Tapi bagus mbak Delia masih turut menyumbangkan suaranya :D

-delia- said...

@Yohan Salman..
iya dunk ;)

@Picas..
harusnya didokumentasiin.. biar orisinil karya kmu :P

@Lala..
iyah, Bun.. harus banyak kriteria biar ga salah pilih :D
Bunda nyontreng ga d sana..???